Mengganti Mesin MOBIL MENGGUNAKAN 2 JS FI

Apakah Swap Engine itu?
Secara terjemahan swap engine berarti menukar mesin. Istilah ini digunakan apabila kita akan mengganti keseluruhan mesin mobil kita dengan mesin mobil lainnya. Keseluruhan mesin tersebut seringkali satu paket dengan penggantian (transmisi) gearbox, ECU, dan tentunya wiring. Dalam beberapa kasus, terutama pada penggantian ke mesin berkapasitas power yang lebih besar, swap engine juga merembet kepada penggantian sektor kaki-kaki dan rem (biar kalo ngebut ga celaka haha). Ada juga swap yang mengharuskan adanya perubahan/ penggantian pada pompa bensin, exhaust, radiator (cooling system), kopling, dan lainnya.
Biasanya swap engine lebih diutamakan untuk dilakukan antara satu merk mobil yang sama dan masih dalam satu keluarga mesin yang sama. Misal pada mobil Honda Ferio dengan mesin Honda lainnya, atau Toyota Starlet bermesin 2E dengan mesin Toyota Starlet GT Turbo bermesin 4E-FTE yang masih dalam satu keluarga mesin yaitu Toyota E Engine.
Swap engine dalam satu merk dan keluarga mesin tersebut dilakukan untuk mempermudah proses swap engine karena kedua mobil tersebut umumnya memiliki beberapa persamaan seperti sistem penggerak (layout), engine mounting, gearbox dan lainnya. Swap engine lintas merk atau lintas keluarga mesin bukan hal yang mustahil dilakukan tetapi membutuhkan pengetahuan mekanik yang tinggi dan juga biaya yang yang besar. Selain itu, kebanyakan orang tidak mau mengganti ‘DNA’ mobil mereka dengan mobil merk lain, misal mobil BMW E36 bermesin 2JZ Toyota.

Toyota Cressida 1989 dengan Mesin 2JZ Twin-turbo kepunyaan Toyota Supra
Tujuan Swap Engine
Hampir semua yang melakukan penggantian mesin bertujuan untuk modifikasi mobil menjadi mobil dengan performa mesin yang top alias bisa ngebut hehe, baik itu di jalanan maupun track sirkuit. Swap engine juga dilakukan apabila kita ingin mempunyai mobil kencang dengan budget terbatas, misalnya memiliki budget untuk membeli Toyota Vios (80-120juta) tapi memilih untuk membeli Toyota Corolla DX (20-25juta) lalu sisa budgetnya di alokasikan untuk mengganti mesin ke 4AGE Blacktop. Hal ini juga disebut dengan istilah membangun mobil Sleeper, yaitu mobil dengan penampilan standard atau tua tapi diam-diam bermesin sangar.
Daftar Mobil Toyota untuk Swap Engine
Toyota Corolla DX (KE70)
Mobil Toyota yang terbilang sudah berumur ini memiliki gaya classic atau retro yang menjadikannya banyak diminati untuk dipelihara dan tentunya di swap engine nya. DX memiliki ruang mesin yang cukup luas dan layout penggerak roda belakang (RWD) yang menjadikan mobil ini memiliki banyak pilihan mesin untuk swap engine. Hal tersebut disebabkan karena mesin-mesin berpower besar pada umumnya memiliki layout RWD atau AWD dan memiliki ukuran yang besar. Selain itu, harga DX ini termasuk cukup murah sehingga menambah popularitas mobil ini dalam dunia swap engine.
Pilihan mesin:
- 1UZ-FE
- 1JZ-GTE
- 2JZ-GTE
- 3S-GE BEAMS
- 3S-GTE
- 3RZ-FE
- 4A-GE 20V Blacktop
- 4A-GZE
Toyota Cressida
Cressida cukup dikenal dengan reputasinya untuk dibuat mobil sleeper, yaitu mobil yang penampilannya ‘sengaja’ dibuat standard namun diam-diam mesinnya telah diganti sehingga secara mengejutkan memiliki power yang besar alias bisa ngacir. Swap engine yang cukup populer di mobil ini adalah dengan mesin Toyota Supra Mk.4 yaitu 2JZ-GTE yang memiliki potensi power sangat besar. Beberapa projectnya banyak dijumpai di forum-forum, artikel ataupun Youtube.
Pilihan mesin:
- 1UZ-FE
- 1JZ-GTE
- 2JZ-GTE
Toyota Crown
Dikenal dengan reputasi nya sebagai mobil mewah di masanya, modifikasi Toyota Crown setelah di ganti mesinnya biasanya lebih mengarah ke gaya VIP classic atau elegan.
Pilihan mesin:
- 1UZ-FE
- 1JZ-GTE
- 2JZ-GTE
Toyota Twincam (Corolla AE92)
Swap engine mobil ini biasanya masih dalam satu keluarga mesin yang sama yaitu keluarga mesin A engine.
Pilihan mesin:
- 4A-GE 20V Blacktop
- 4A-GZE
Toyota Great Corolla (AE101)
Swap engine mobil ini biasanya masih dalam satu keluarga mesin yang sama yaitu keluarga mesin A engine. Meskipun demikian telah dijumpai beberapa orang yang berhasil memasukkan mesin Toyota Celica GT-4 (3S-GTE), namun dapat dipastikan tingkat kesulitannya akan lebih besar, dibandingkan dengan swap mesin yang masih satu keluarga.
Pilihan mesin:
- 4A-GE 20V Blacktop
- 4A-GZE
- 3S-GTE
Toyota Soluna
Opsi mesin swap di mobil ini agak sulit. Namun berdasarkan info dari sebuah komunitas mobil dalam negeri, sudah pernah ada dua orang yang meng-swap Solunanya ke 4A-GE Blacktop.
Pilihan mesin:
- 4A-GE 20V Blacktop
Toyota All New Corolla (AE111)
Mobil ini cukup mudah untuk swap ke mesin Toyota Altis yaitu 1ZZ-FE, karena all new varian market Amerika sudah dibekali dengan mesin 1ZZ. Meskipun peningkatan power nya tidak besar akan tetapi potensi power dari 1ZZ lebih baik dibanding mesin asalnya 4A-FE. Di komunitas mobil luar, seperti Toyotanation, mobil ini bahkan sudah berhasil di swap dengan 2ZZ-FE yang lebih baik lagi powernya.
Pilihan mesin:
- 1ZZ-FE
- 2ZZ-FE
- 4A-GE 20V Blacktop
Toyota Corona Absolute
Mobil yang dikenal dengan nama Toyota Carina E di varian market Eropa ini dikenal bisa di swap dengan keluarga S Engine. Beberapa penampakannya ada di beberapa artikel dan video Youtube.
Pilihan mesin:
- 3S-GE BEAMS
- 3S-GTE
Toyota Starlet
Starlet ini memiliki beragam opsi swap engine meskipun yang praktis dan paling sering dilakukan adalah swap ke 4E-FTE yang merupakan mesin dari Toyota Starlet GT.
Pilihan mesin:
- 3E-TE
- 4E-FTE
- 3S-GTE
- 4A-GE
mayan
BalasHapuslumayan tepotong warnanyo kurang
BalasHapus